Kota PayakumbuhOlahragaSafasindo NewsSumbar

Sukses Gelar Ditahun 2019, 2021 Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Festival Arung Jeram di Batang Agam

2 Mins read

Kota Payakumbuh untuk kedua kalinya sukses mengadakan Event Festival Arung Jeram Batang Agam. Pada tahun 2019 event dilaksanakan pada peresmian taman Batang Agam dan pada Sabtu 23 hingga minggu 24 Oktober 2021 event olah raga Arung Jeram kembali diadakan.

Acara tersebut terselenggara atas inisiasi Pokok Pikiran (Pokir) Anggota Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat H. Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Sumatera Barat. Acara Festival Arung Jeram dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Payakumbuh H. Erwin Yunas melalui tiupan terompet sebagai tanda dimulainya event yang sudah sangat dinantikan oleh penggiat Arung Jeram se-Sumatera Barat.

Peserta Festival Arung Jeram sendiri terdiri dari perwakilan Kota dan Kabupaten club dan komunitas Arung Jeram se Sumatera Barat. Sementara untuk Tim Teknis Lomba dipandu dan diatur oleh Club Minang Paddler dan Sahati Adventure. Tim Rescue air dilakukan oleh Gabungan Komunitas Arung Jeram didukung anggota BPBD Kota Payakumbuh dan Basarnas Payakumbuh.

Sementara untuk tim pengamanan selama kegiatan berlangsung dibantu oleh pihak Kepolisian, Satpol PP, Damkar dan Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh. Sedangkan untuk tim pendukung kegiatan berasal dari Forum Komunitas Batang Agam binaan Dinas PUPR Kota Payakumbuh dan Lingkungan hidup serta di dukung penuh oleh Disparpora Payakumbuh.

Selama kegiatan berlangsung, antusias masyarakat terlihat begitu cukup tinggi, kendati untuk menyaksikan mereka harus menikmati panasnya terik matahari. Beragam komentar positif disampaikan masyarakat yang ikut menyaksikan kemeriahan acara Festival Batang Agam bersama keluarga maupun teman-temannya. Salah seorang penonton Jeki mengatakan hiburan yang disuguhkan diruang publik seperti ini sudah sangat lama dirindukan masyarakat. Apalagi dengan terjadinya pandemi Covid-19 hampir 2 tahun belakangan, maka Kegiatan Festival Arung Jeram Batang Agam yang diadakan di Kota Payakumbuh ini sangat diharapkan sebagai loncatan untuk membangkitkan gairah wisata olahraga dan perekonomian di Kota Payakumbuh.

Masyarakat berharap , event seperti ini bisa menjadi agenda tahunan di Kota Payakumbuh karena sangat sejalan dengan semangat Pemerintah Kota Payakumbuh untuk menata kawasan Taman Batang Agam menjadi spot wisata, olah raga dan ruang terbuka publik.

Kegiatan festival yang disupport oleh Sahati Adventure, Minang Paddler Kayak Club, Sumatera Adventure, dan Forum Komunitas Batang Agam Binaan Dinas PUPR Kota Payakumbuh ini tetap memenuhi dan mematuhi protokol kesehatan dan telah mendapatkan persetujuan izin melaksanakan kegiatan dari satuan tugas penanganan covid-19 kota payakumbuh. Disamping itu, protokol keselamatan pengunjung dan peserta juga menjadi perhatian utama. Sehingga, sepanjang acara tidak ditemukan persoalan dan insiden yang berarti.

Hari kedua pelaksanaan kegiatan Festival Arung Jeram Batang Agam, menjadi puncak kegiatan yang sangat ditunggu karena menjadi babak penentu kemenangan tim yang ikut berlomba. Hasil akhir kegiatan, posisi puncak Festival Arung Jeram Batang Agam 2021 diraih oleh tim Bujang dari Kabupaten Agam. Posisi kedua diraih tim LA Rafting dari Kabupaten Padang Pariaman. Posisi ketiga diraih oleh tim Ecot dari Kota Payakumbuh.

Kegiatan Festival Batang Agam 2021 ditutup langsung oleh Nurkhalis Dt Bijo Dirajo selaku Anggota DPRD Provinsi Sumbar yang telah memberikan support luar biasa untuk kemajuan Arung Jeram di Sumatera Barat melalui dana Pokir dewan yang telah disalurkan.

Salah seorang tokoh Arung Jeram nasional Lody Corua juga ikut hadir. Lody mengatakan kegiatan seperti ini bagus untuk tumbuh kembangnya wisata apa lagi di sepanjang kawasan sudah mempunyai fasilitas yang cukup,baik sarana atau prasarana. Dari sisi fasilatas di sungai cukup mendukung arung jeramnya.

Lody jelaskan, kurangnya jeram yang mendukung untuk kegiatan karena tidak banyaknya jeram atau jalur yang menantang . Lody berharap kedepan mungkin bisa dibuatkan rekayasa jeram yang lebih menantang atau sirkuit dan tidak mengabaikan aspek safety baik untuk si atlet sendiri atau masyarakat sendiri,sehingga sungai batang agam menjadi percontohan nantiya sebagai sirkuit arung jeram pertama di Indonesia.**

Related posts
Berita UtamaKota PayakumbuhSafasindo News

DPRD Payakumbuh dan Pemko Sepakati Serta Sahkan Perda APBD 2023

1 Mins read
Peraturan daerah rentang anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Payakumbuh tahun 2023 disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) oleh Penjabat Wali Kota Payakumbuh…
AudioKota PayakumbuhSafasindo News

MTQ Ke 40 Berakhir, Kecamatan Latina Keluar Jadi Juara Umum

1 Mins read
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 40 tingkat Kota Payakumbuh yang diadakan di Kecamatan Lamposi Tigo Nagari (Latina) selama 3 hari, Minggu 20…
Berita UtamaKota PayakumbuhSafasindo News

Pj Wako Rida Ananda Buka MTQ ke-40 Tingkat Kota Payakumbuh

2 Mins read
Pj Wako Payakumbuh Rida Ananda hadiri dan membuka secara resmi pembukaan acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-40 tingkat Kota Payakumbuh di…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *