Kota PayakumbuhSafasindo News

Talkshow di Radio Safasindo, Diskominfo 50 Kota Kenalkan KIM Kepada Masyrakat

1 Mins read

Diskominfo Kabupaten Lima Puluh Kota kerjasama dengan Radio Safasindo adakan talkshow bersama Eri nizwar selaku Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Nagari Tujuah Koto Talago, guna memberikan informasi mengenai KIM dan pentingnya KIM di masyarakat, Kamis 7 Oktober 2021.

KIM adalah suatu forum dalam pemerintahan nagari. Yang mana KIM ini dibentuk oleh masyarakat dan untuk masyarakat. KIM ini membantu masyarakat untuk menyaring informasi agar masyarakat tidak salah dalam mengartikan suatu informasi.

Eri Nizwar jelaskan, asal muasal dibentuknya KIM ini adalah murni dari inisiatif nya sendiri, namun dalam pengesahannya harus melewati proses musyawarah antar masyarakat terlebih dahulu, mengingat KIM ini adalah organisasi terbuka yang mengutamakan proses musyawarah mufakat.

Seperti halnya kunci Inggris, KIM ini mampu menaungi masyarakat mulai dari masyarakat kalangan bawah, menengah hingga petinggi sekalipun. Lanjutnya

Eri Nizwar katakan KIM di Kabupaten Lima Puluh Kota ini adalah KIM pertama yang dibentuk di Sumatera Barat. Untuk kawasan Kabupaten Lima Puluh Kota sendiri, itu sudah ada sekitar 30 KIM yang sudah di sah kan.

Tak hanya itu, pemerintah nagari juga sudah menetapkan anggaran khusus untuk KIM ini, dan anggaran itu dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat, bahkan dengan uang anggaran tersebut masyarakat juga dibolehkan untuk mendirikan suatu instansi.

Dengan adanya KIM ini Eri nizwar berharap akan mampu mewujudkan terlahirnya masyarakat yang partisipatif, aktif, kreatif dan inovatif serta mampu meningkatkan SID (sistem informasi desa) menjadi SDI (satu data Indonesia).

Terakhir Eri berpesan kepada masyarakat khususnya di Kota Payakumbuh dan Limapuluak Kota untuk bisa memahami sehingga mampu memanfaatkan KIM ini semaksimal mungkin, karna menurutnya sangat disayangkan jika kita tidak tahu soal forum sepenting ini.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *