Kota PayakumbuhSafasindo News

Tambah 6 Orang Positif Covid-19, Total di Payakumbuh menjadi 19 Kasus

2 Mins read

Kasus Positif Covid-19 di Kota Payakumbuh yang hingga hari ini tercatat sebanyak 19 kasus, penambahan ini setelah diumumkannya oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili Kadis Kesehatan melalui video conference sebanyak 6 orang lagi yang terpapar positif Covid-19,Minggu 24 Mei 2020.

Dari total 19 kasus tersebut, 5 orang telah dinyatakan negatif oleh Dinas Kesehatan yang diumumkan saat jumlah positif sebanyak 13 orang.

Kadis Kesehatan Kota Payakumbuh dr Bakhrizal didampingi Kadis Kominfo kepada awak media menyampaikan, dimana hari ini satu Syawal tepatnya 24 Mei di Hari Raya Idul Fitri 1441 H, kita kembali bersua melalui video conference dalam memberikan informasi terkait adanya warga Payakumbuh yang positif Covid-19.

Terkait hal tersebut itu benar adanya, Bakhrizal terangkan dimana semalam kita dapat telpon dari labor Unand Padang, yang menyampaikan bahwa payakumbuh bertambah 6 kasus lagi yang positif.

Kadis Kesehatan jelaskan satu orang bedomisili di Limapuluh Kota, namun yang bersangkutan merupakan ASN di Payakumbuh merupakan Kalaksa BPBD Kota Payakumbuh. Dengan demikian untuk penanganan yang bersangkutan melakukan trackingnya dilakukan oleh Pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Adapun yang enam orang tersebut Kadis Kesehatan sampaikan satu orang berasal dari warga lingkungan Muaro, Payakumbuh Utara inisial E M 31 tahun. Sementara 4 orang lagi dari warga Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Payakumbuh Timur, pertama inisial S 44 tahun, selanjutnya R P 25 tahun,A Q 6 tahun dan terakhir S C 8 tahun. Sedangkan yang satunya lagi inisial Y A domisili di Perumahan Pulutan Tanjung Pati. Dari semua kasus ini semuanya dari klaster kasus sebelumnya,kecuali inisial Y A, kasusnya masih dalam pencarian dengan siapa dia mendapatkan wabah ini. Untuk perawatannya diluar yang usianya masih anak-anak, itu telah dirawat dirumah sakit. Sedangkan untuk anak-anak tersebut Bakhrizal katakan kita rawat di BIB, dan di awasi terus oleh tim keshatan.

Dari semua yang positif tersebut Bakhrizal jelaskan Tim Percepatan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dari semalam telah langsung turun kelapangan melakukan penyemprotan, sekaligus tracking kesemua yang kontak dengan yang terkena wabah ini, hingga siang ini tim masih melakukan tugasnya tersebut. Dari semua yang dilakukan tracking, Bakhrizal sampaikan saat ini kita telah mengisolasikan sebanyak 10 orang di BIB yang berada di Kelurahan Ibuah, hingga nantik dilakukan Swab dan keluar hasilnya.

Untuk tracking, Kadis Kesehatan katakan kita akan terus mendatangi semua informasi yang disampaikan baik kesadaran yang bersangkutan atau melalui informasi tetangga,RT ,RW maupun oleh Lurahnya, yang menyampaikan bahwa dia pernah kontak langsung dengan orang yang positif saat ini.

Kepada masyarakat yang akan dilakukan swab, Kadis Kesehatan jelaskan, jangan takut dan kwatir. Ini semua untuk kebaikan dan kemaslahatan kita bersama. Kepada masyarakat yang pernah kontak dengan yang positif saat ini, Kadis mengajak mari kita jujur dan kesadaran sendiri untuk dilakukan tes kesehatannya. Dengan demikian semoga kita bisa cepat memutus mata rantai penyebaran wabah ini.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *