AudioKota PayakumbuhSafasindo NewsSumbar

Terpilih Jadi Desa Wisata: Walinagari Lubuak Batingkok, Kemajuan dan Pertumbuhan Ekonomi Butuh Dukungan Dari Semua Pihak

1 Mins read
Foto Piagam Penghargaan dan Design Wisata Kilalang

Nagari Lubuak Batingkok yang berada di Kecamatan Harau dapat piagam penghargaan Desa Wisata dari Sandiaga Salahudin Uno selaku Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Walinagari Lubuak Batingkok Yon Elvi Dt.Pangulu Bosa saat dihubungi, Kamis 12 Mei 2022 mengatakan, Alhamdulillah nagari kita salah satu dari 300 Besar Desa Wisata, Anugrah Desa Wisata Indonesia tahun 2021.

“Piagam Anugrah Desa Wisata Indonesia itu kita terima pada tanggal 31 April yang lalu. 300 besar Desa Wisata ini merupakan hasil dari seleksi dari 7000 desa wisata yang ikut pada penilaian Anugrah Desa Wisata Indonesia tahun 2021,”kata Yon Elvi.

Yon Elvi jelaskan, Desa Wisata tersebut yakni Nagari Wisata Kilalang yang berada di Jorong Tigo Balai, dengan luas kurang lebih ada 7 hektar. Adapun wisata yang ditonjolkan yakni keindahan alamnya yang asri dengan pemandangan yang sangat elok. Dari lokasi tersebut mata pengunjung juga akan disuguhi pemandangan hamparan sawah yang cukup luas, yang sejuk dinikmati dipagi hari dan sorenya.

Sesuai sasaran dan tujuan dari Desa Wisata ini yakni meningkatkan kemajuan daerah dan pertumbuhan ekonomi, Yon Elvi sampaikan tentu untuk capaian itu tidak bisa dilakukan oleh nagari saja. “Kita butuh dukungan dan suport dari pemerintah daerah,propinsi dan nasional serta dukungan dari Legislatif dan terutama dari Niniak Mamak, Alim Ulama,Bundo Kanduang serta masyarakat setempat,” ungkap Yon Elvi.

Tampa dukungan dari semua pihak ini, tentu harapan dan keinginan kita untuk maju dan berkembang lambat kita dapatkan. Yon Elvi terangkan untuk menunjang kemajuan Desa Wisata ini, kita telah berikan dana ke Bumnag sebanyak kurang lebih 200 juta di tahun anggaran 2021. Pada tahun ini nagari memberikan dana sebanyak kurang lebih 130 juta.

Dari dana yang ada itu, beberapa sarana dan prasarana penujang dari Desa Wisata tersebut telah kita bangun, seperti tempat sholat,aula pertemuan dan beberapa sarana penujang lainnya.

“Kalau mengandalkan dana dari nagari yang jumlahnya tidak banyak, tentu kemajuan lama kita capai. Kita berharap dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan, agar Desa Wisata yang satu-satunya di Limapuluh Kota yang dapat penghargaan dari Bapak Sandiaga Salahundin Uno bisa cepat maju dan berkembang,” kata Yon Elvi mengakhiri pembicaraan.

Berikut komentar Yon Elvi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *