AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Turlap, Komisi 1 Mendesak Pemkab Untuk Segra Cairkan Bantuan Covid-19

2 Mins read
Kunjungan Komisi 1 ke Kantor Kecamatan Payakumbuh

Komisi 1 DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota yang membidangi pemerintahan, politik, keamanan dan pendidikan sesuai tupoksinya, Senin 27 Juli 2020 Komisi 1 kunjungi Kantor Camat Kecamatan Payakumbuh. Rombongan dipimpin Asrul selaku ketua Komisi 1, hadir bersama rombongan Beni Murdani sekretaris komisi 1. Anggota Komisi 1 Epi Suardi , Alfian, Sastri Andiko, Akmal Rustam dan pendamping komisi 1 Andra.

Kunjungan Komisi 1 DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota disambut oleh M. Rifki selaku PLT Camat Kecamatan Payakumbuh, Forkopimca, dan Walinagari se Kecamatan Payakumbuh.

Beni Murdani selaku sekretaris Komisi 1 menyampaikan kepada Camat dan Walinagari , tujuan dan maksud kedatangan Komisi 1 ke Kantor Camat Kecamatan Payakumbuh adalah untuk melihat gendala pembagian bantuan dampak Covid-19 yang belum dibagikan, selain itu juga melihat perjalanan proses tahapan pilkada yang telah dilakukan dan pemerintahan di Kecamatan Payakumbuh.

Terkait yang disampaikan oleh Sekretaris Komisi 1 Beni Murdani, Camat M. Rifki jelaskan, untuk bantuan masyarakat terdampak Covid-19, insyaalloh akan segra akan kita berikan kepada masyarakat yang akan menerima. Terkait adanya sedikit keterlambatan, Rifki terangkan karna jumlah penerima bantuan BLT tidak terlalu banyak sekitar 35 KK, maka pemberiaanya kita gabungkan semuanya agar serentak sebanyak lebih 800 KK yang akan menerima bantuan. Camat katakan ini dilakukan agar tidak ada gejolak dimasyarakat, terkait dahulu dan kemudian. Alhamdulillah semua dana bantuan sudah cair dan kita segra akan menyalurkannnya kemasyarakat.

Sementara untuk tahapan pilkada Camat jelaskan sudah dilakukan dan disampaikan kemasyarakat tahapan dan sosialisasinya. Untuk gendala di Pemerintahan, Camat berharap Komisi 1 untuk memperhatikan sarana pendukung di Kecamatan untuk tercapainya pelayanan yang maksimal. Untuk tingkat nagari Rifki sampaikan masyarakat berharap untuk diselesaikan masalah tapal batas dengan Kota Payakumbuh.Disamping itu untuk pekat serta hasil musrembang ini juga diperhatikan.

Menjawab dari semua masukan dan permintaan masyarakat yang disampaikan oleh Camat dan Walinagari, Beni murdani jelaskan. Pertama untuk bantuan terdampak Covid, ini agar disegrakan pencairannya. Jika ada permasalahan dibawah, agar bisa diselesaikan secepatnya. Untuk tapal batas dengan Payakumbuh terutama di Api-api, Komisi 1 mendesak agar Bupati selaku kepala daerah untuk segra menyelesaikan permasalahan ini dengan Pemerintah Kota Payakumbuh.

Terkait musrembang, Beni berharap kepada Pemkab agar transparan, hal ini dilakukan untuk mengakomodir aspirasi masyarakat. Sejauh ini Beni katakan masyarakat banyak mengeluh karna aspirasinya saat musrembang banyak yang tak disetujui. Selanjutnya untuk panyakit masyarakat, Ketua Komisi satu Arul berharap, agar nagari menyurati Pol PP,meminta agar ada pengawasan dan patroli kedaerah yang rawan dan banyak pekat terjadi, terutama daerah yang terdekat.

Sastri Andiko anggota Komisi 1 menambahkan, dari semua harapan yang disampaikan ke Komisi 1, semua yang diranah Komisi 1 , kita tampung dan akan kita tindak lanjuti dengan pihak terkait, diluar bidang komisi 1, Sastri Andiko katakan pihak kecamatan untuk menyampaikan ke Komisi yang membidanginya. Andiko jelaskan Komisi 1 membidangi pemerintahan, politik, keamanan dan pendidikan.

Berikut komentar Camat M Rifki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *