Kota PayakumbuhSafasindo News

Upgrade Ilmu Kegawatdaruratan Bersama IDI Paliko

1 Mins read

Sebanyak 150 dokter yang tergabung dalam Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Payakumbuh Limapuluh Kota (Paliko) ditambah dengan 10 orang dokter gigi, 10 orang bidan dan 6 perawat ikuti acara seminar Kegawatdaruratan FKTP dengan tema : Strengthening The Role of Primary Healthcare Physician in Emergency Cases of Internal Medicine, Obstetrics dan Gynecologi, Pediatric and Surgery.

Acara ini merupakan bagian dari program kerja IDI Cabang Payakumbuh Lima Puluh Kota yang saat ini dipimpin oleh dr. Yanhendri, Sp. KK. Kegiatan tersebut berlangsung disalah satu hotel yang berada dikecamatan Payakumbuh Timur dan terbuka untuk umum, Sabtu 3 September 2022.

Dalam kegiatan seminar tersebut IDI mengundang 5 orang narasumber yang sudah berkompeten dibidangnya masing-masing diataranya, dr. Elista Yosepha, MARS ; dr. Mikhail Nurhari, Sp. OG ; dr. Rinche Annur Sp. A ; dr. Yosa Tamia Marisa, Sp. PD dan dr. Henky Pramudya, Sp. B.

Sebelum kegiatan seminar acara diawali dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dan Mars IDI, pembacaan do’a dan sambutan istimewa dari ketua IDI Cabang Payakumbuh Lima Puluh Kota dr. Yan Hendri, Sp. KK dan ketua panitia dr. Silvia Rosja.

Acara seminar dipimpin oleh moderator dr. Hadi Oktafiano dan dr. Geby Susanti dengan penyajian materi dari pembicara pertama yaitu dr. Elista Yosepha, MARS yang membahas tentang Etik dan Medikolegal. Pembicara kedua yaitu dr. Mikhail Nurhari, Sp. OG membahas tentang Haemorrhagic Post Partum dan Preeklampsia.

Berikutnya pembicara ketiga dr. Rinche Annur Sp. A membahas tentang Kejang Demam. Selanjutnya materi tentang Penilaian Awal Pasien Kritis di FKTP yang disajikan oleh pembicara keempat yaitu dr. Yosa Tamia Marisa, Sp. PD. Terakhir seminar ditutup dengan materi Penatalaksanaan Luka di FKTP oleh dr. Henky Pramudya, Sp. B.

Seminar yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam tersebut banyak diselingi oleh pertanyaan yang mengarah kemasing-masing narasumber yang membuat acara tersebut semakin menarik. Terakhir acara ditutup dengan foto bersama dengan narasumber.

Panitia acara berharap dengan adanya acara Seminar ini yang mengangkat tema “Strengthening The Role of Primary Healthcare Physician in Emergency Cases of Internal Medicine, Obstetrics dan Gynecologi, Pediatric and Surgery” bisa hendaknya memperkaya dan menambah pemahaman dokter umum dan tenaga kesehatan lain tentang kegawatdaruratan di bidang Interna, Obstetri dan Ginekologi, Pediatri dan Bedah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *