Kota PayakumbuhPendidikanSafasindo NewsSumbar

Wawako Erwin Yunaz Hadiri Pameran KOPSI SMP Islam Raudhatul Jannah

2 Mins read

Finalis TIM Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) pada bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa tahun 2021 Tk. Nasional atas nama Syahrul Ramadhan, Habiburrahman Alfajri, Afriyan Rafy Qafka adakan pameran karya.

Pameran Karya tersebut diadakan dilingkunga sekolah sebagai rangkaian dari agenda final dan penyempurnaan laporan penelitian yang harus dipersiapkan oleh Finalis KOPSI. Penelitian dari tim ini berjudul “Rompi Edukasi Covid-19 sebagai Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat” bertujuan untuk mengedukasi warga sekolah dan masyarakat secara umum untuk menaati protokol kesehatan (prokes). Dengan pameran ini menjadikan warga sekolah semakin mengetahui prokes yang harus dijaga, Selasa, 23 November 2021

Pameran ini dihadiri dan sekaligus dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz. Selain wawako, pameran juga mendatangkan orang tua para finalis, Ketua pengurus Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Jannah, Ihsan Fadilla dan jajarannya, Kepala Dinas Pendiddikan diwakili oleh Kasi Kurikulum SMP, Femiria Sari serta Kepala SMP Islam Raudhatul Jannah Ersis Warman, majelis guru dan para peserta didik SMP Islam Raudhatul Jannah di setiap tingkatan

Sebelum kegiatan pameran dilakukan, Finalis TIM KOPSI melakukan dialog dengan tiga kepala SKPD yang bersentuhan langsung dalam implementasi kebijakan penanganan dan penanggulaang penebaran Covid-19 di Kota Payakumbuh.

Mereka didampingi oleh Kepala Sekolah berserta guru pembimbing, Rini Susanti dan Lindawati. Kepala Dinas yang dikunjungi antara lain, Erizon selaku Kepala BPBD Kota Payakumbuh, Dr. Dasril selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh teerakhir dr. Bakhrizal Dt. Tumangguan selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh.

Adapun tujuan diadakannya dialog ini adalah untuk menggali pendalaman materi dan kasus demi penyempurnaan laporan penelitian tim yang akan dikirimkan secara daring pada tanggal 24 November 2021. Selain berdialog dengan ketiga kepala SKPD ini, mereka juga diundang sebagai pengisi acara Safasindo Ceria Spesial Weekend pada Sabtu, 20 November 2021.

Wawako Erwin Yunas berikan apresiasi terhadap karya inovatif yang dilakukan oleh TIM KOPSI saat keterbatasan masa pandemi dengan pembelajaran yang belum sempurna keseluruhan tatap muka. SMP Islam Raudhatul Jannah masih mampu berprestasi dan memanfaatkan teknologi untuk kepentingan masyarakat umum.

Pada pembukaan pameran KOPSI di SMP Islam Raudhatul Jannah, Wawako katakan secara bertahap saya mengikuti perkembangan tentang TIM KOPSI ini yang telah mewakili Kota Payakumbuh. Harapan ke depannya, karya ini tidak sebatas hanya untuk lomba namun ada terobosan-terobosan yang dapat bermanfaat dan diperbaiki secara terus-menerus sehingga produk yang telah dibuat menjadi produk yang dapat digunakan secara masal.

Guru-guru diharapkan terus membimbing para siswanya agar dapat menciptakan teknologi yang tepat guna. Tahapan yang dimaksud itu adalah dimulai dari pengirimkan naskah pada Babak Penyisihan sampai Final. Ersis Warman menyampaikan, KOPSI ini adalah salah satu TIM yang melaju ke nasional, sebelumnya Ki Hajar dengan produk membuat pendingin tanpa listrik dan pavling blok dari sampah masker.

Mendengar inovasi-inovasi yang berhubugan teknologi ini, sambil mengelilingi galeri pameran Erwin mengajak untuk inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh guru dan siswa tidak hanya sekedar lepas begitu saja seperti prakarya belaka, namun dapat dimanfaatkan untuk menyiapkan generasi muda yang dapat bersaing pada masa yang akan datang terutama di bidang teknologi.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *