AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Wawako Erwin Yunaz Hadiri Panen Bawang Merah di Payolinyam

1 Mins read

Wakil Walikota Payakumbuh H.Erwin Yunaz hadiri panen bawang merah Kelompok Tani Kosiak Sub Holtikultura di Payolinyam, Kelurhan Tigo Koto Dibaruah, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kamis 2 September 2021.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kadis Pertanian diwakil Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura , Camat Kecamatan Payakumbuh Utara Desfitawarni, Kepala Kelurahan Dian fitria, PPL serta anggota kelompok tani.

Ketua Kelompok Tani Kosiak Sub Holtikultura Hengki Putra, kepada media sampaikan dimana panen bawang merah ini sudah lebih dari dua kalipanen dilakukan oleh kelompok. Dari hasil setiap panen yang dilakukan, Alhamdulillah hasilnya memuaskan.

Hengki katakan, dalam tanam bawan merah ini, kelompok tani dibantu bibitnya oleh pemerintah kota melalui dinas terkait, selain itu Koptan juga dibimbing serta didampingi oleh PPL nya. Dengan demikian Koptan selalu dapat arahan terkait dari pengelolaan tanam bawang merah ini.

Dari hasil panen yang dilakukan saat ini, Hengki jelaskan hasil panen dari setiap lobang ada sekitar 2.5 ons satu lobangnya. Adapun lobang yang ditanam ada sekitar 5000 lobang, dengan hasil panen lebih kurang 1 ton. Untuk hitungan satu hektarnya, Hengki didampingi petugas lapangan atau PPL, hasilnya ada sekitar 20 ton per hektarnya.

Wakil Walikota Payakumbuh H. Erwin Yunaz disela panen bawang merah, kepada media katakan, hari in kita melakukan panen bawang merah bersama petaninya, Alhamdulillah hasilnya memuaskan kendati beberapa hair ini ada turun hujan, namun untuk hasil panen tidak berpengaruh, hanya daun bawang yang rusak.

Melihat dari hasil panen, Wawako sampaikan ketika perjuangan itu dilakukan dengan sungguh-sungguh, hasilnya dapat kita lihat, perjuangan itu akan membuahkan hasil yang memuaskan. Dan itu dibuktikan oleh kelompok tani di Payolimyam ini. Melihat semangat dari masayarakat petani dan mereka bahagia, Wawako sampaikan pemerintah tentu akan mensuport lebih banyak lagi.

Dimasa pandemi ini wawako mengajak agar masyarakat menggunakan dan memamfaatkan lahan pekarangan yang ada, dengan menanam berbagi tanaman yang bermamfaat, salah satunya bawang merah ini. Selama ini bawang merah ditanam dan diprodksi oleh daerah lain, saat ini bawang merah sudah bisa kita produksi di Payakumbuh, dengan hasil yang memuaskan. Buktinya sudah beberapa kali petani kita dipayakumbuh melakukan panen, itu menandakan kita bisa memproduksinya.

Berikut komentar Erwin Yunaz

Related posts
AudioKota PayakumbuhSafasindo News

Wawako Erwin Yunaz Buka Bersama Dengan MUI Kota Payakumbuh

1 Mins read
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Payakumbuh adakan buka bersama dengan Wakil Walikota serta seluruh pengurus MUI Kota Payakumbuh dan juga tokoh ulama,…
AudioKota PayakumbuhPendidikanSafasindo News

Wawako Erwin Yunaz Hadiri Dididkan Subuh Gabungan Se Kecamatan Payakumbuh Barat

2 Mins read
Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz hadiri kegiatan didikan subuh gabungan se Kecamatan Payakumbuh Barat. Kegiatan tersebut berlangsung di Mesjid Al Ihsan Kelurahan…
AudioKota PayakumbuhPendidikanSafasindo News

Wawako Erwin Yunaz Buka Acara Lomba Pengibaran Bendera Tingkat SLTA se-Kota Payakumbuh

1 Mins read
Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz buka acara lomba pengibaran bendera tingkat SLTA se Kota Payakumbuh tahun 2022. Kegiatan lomba tersebut diadakan oleh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *